Tentang NUnit

Tentang NUnit

Untuk mendukung test, orang kemudian mengembagkan alat test. Ada banyak alat test, ada yang gratis dan ada yang mesti beli. Salah satu yang saya sukai adalah NUnit, salah satunya ya karena gratis.

NUnit adalah porting dari JUnit, alat test yang ditulis dalam bahasa Java. Dengan NUnit, tidak peduli dengan editor apa, kita tetap bisa melakukan test. Jadi tidak tergantung pada editor. Ini penting, sebab tidak semua orang menggunakan editor yang sama. Anda bisa mendownloadnya di http://www.nunit.org.

Untuk menjalankan NUnit bisa dilakukan dengan dua cara, GUI dan Console. Disini kita akan gunakan GUI terlebih dahulu. GUI dari NUnit dapat anda lihat seperti gambar dibawah ini. GUI ini akan memantau assembly yang sedang ditest.

Gambar 1. NUnit GUI

Untuk menjalankannya cukup cari assembly yang akan ditest lalu tekan Run. Jika semua test berjalan normal GUI akan memberikan warna Hijau. Jika ada salah satu yang salah ia akan memberikan warna Merah.

Gambar 2. Running test yang sukses: warna hijau.


Gambar 3. Running test yang gagal: warna merah.

Kemudian jika kita melakukan perubahan di code dan mengkompilasinya, maka serta merta GUI berubah menjadi grey, yang berarti harus segera dirun kembali.

Gambar 2. Setelah code dikompilasi ulang: warna abu-abu.

Ada banyak model dari GUI. Model diatas adalah model standart yang sudah disediakan didalam installer NUnit. Beberapa IDE semisal SharpDevelop dan MonoDevelop mempunyai model GUI yang berbeda, tetapi pada prinsipnya sama. Didalam SharpDevelop dan MonoDevelop, NUnit GUI merupakan bagian dari fitur IDE.

Contoh-contoh dalam tulisan ini saya menggunakan GUI NUnit yang ada didalam IDE MonoDevelop. Jika anda menggunakan Windows dan menginstall NUnit serta menggunakan IDE Visual Studio anda bisa mamasukkan NUnit diakhir setiap eksekusi kompile misalnya. Tetapi saya tetap menyarankan anda untuk mengeksekusi secara manual.

Iklan

There are no comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: